MENCUCI TANGAN DENGAN BAIK DAN BENAR


Kegiatan mencuci tangan umumnya diajarkan kepada anak kecil, orang dewasa harusnya sudah mengerti pentingnya rutinitas mencuci tangan. Namun pada kenyataannya banyak orang dewasa yang kurang memahami pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar, atau bahkan tidak peduli dengan kebersihan sama sekali. Padahal dampak positif yang kita berikan dengan rutin mencuci tangan sangat besar, yaitu memutus mata rantai penularan penyakit.
Kegiatan mencuci tangan adalah kebiasaan yang sering kita lakukan. Kebiasan ini biasanya dilakukan ketika sebelum mulai makan, setelah makan, ketika selesai beraktifitas dari luar ruangan, setelah membuang sampah, setelah dari toilet, dan lainnya. Banyak orang yang mencuci tangan ala kadarnya atau seperlunya saja tanpa memerhatikan kebersihannya. Ketika bepergian-pun kegiatan mencuci tangan digantikan oleh hand sanitizer. Pemakaian hand sanitizer sah-sah saja ketika berada pada kondisi darurat (tidak ditemukan air dan sabun) dan tangan kita tidak dalam kondisi terlalu kotor, jika tangan terlalu kotor tetap yang terbaik adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
Air bersih yang kita gunakan adalah air bersih yang mengalir dari kran, dan sabun yang dapat kita gunakan adalah sabun antiseptik atau sabun biasa baik sabun batangan maupun cair. Yang membedakan sabun biasa dan sabun antiseptik adalah adanya kandungan triklosan. Dibandingkan dengan mencuci tangan dalam wadah yang sudah terisi air, lebih baik mencuci tangan pada air yang mengalir dari kran, hal tersebut dikarenakan air yang mengalir dapat meluruhkan kotoran-kotoran yang ada di tangan kita.
Kegiatan mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan salah satu faktor untuk menjaga kesehatan kita, agar terhindar dari penularan beberapa penyakit. Karena sebagian besar kuman penyebab infeksi berasal dari tangan kita.

Penyakit yang dapat dicegah dengan kegiatan mencuci tangan antara lain:

Infeksi saluran pernafasan
Setelah batuk, bersin, dan buang ingus kita tidak sadar bahwa setelahnya kita memegang makanan, benda di sekitar, berjabat tangan dengan orang lain dan kita lupa untuk cuci tangan sebelumnya. Secara tidak langsung kita akan memindahkan bakteri dan virus pada orang lain yang tanpa sadar mereka telah tertular. Maka seharusnya kita mencuci tangan terlebih dahulu setelah batuk, bersin dan buang ingus.

penyakit diare
Diare sering dikaitkan dengan kondisi air yang kotor, meskipun penanganan kotoran manusia juga harus diperhatikan karena kuman diare berasal dari kotoran manusia. Dengan rutin mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun maka dapat membersihkan kuman yang berada di tangan, terutama pada saat sebelum dan setelah makan.

infeksi cacing
Anak-anak cenderung lebih sering mengidap penyakit cacingan ini, karena pada umumnya anak-anak cenderung memasukkan apapun ke dalam mulut mereka, termasuk tidak mencuci tangan sebelum mulai makan. Faktor kebersihan merupakan salah satu cara untuk menghindari infeksi cacing ini, salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan kebiasaan rutin mencuci tangan.

penyakit kulit, infeksi mata dan masih banyak penyakit lainnya.

Langkah mencuci tangan yang baik dan benar
Kegiatan mencuci tangan tidak hanya membasahi kulit tangan dengan air. Bagaimana kita bisa sehat jika kita sering menyepelekan cara mencuci tangan yang baik dan benar.
Untuk mencuci tangan dengan benar ada langkah-langkah yang harus dilakukan, WHO sebagai badan kesehatan dunia telah merekomendasikan 7 langkah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang baik dan benar.
Berikut ini adalah 7 langkah cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir yang baik dan benar:
1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan.



2. Usaplah dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian


3. Jangan lupa gosok juga sela-sela jari hingga bersih


4. Kemudian bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan jari tangan kita




5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian





6. Letakkan ujung jari (ujung kuku) ke telapak tangan kemudian gosok perlahan lakukan di kedua tangan bergantian.



7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. Jangan lupa menutup kran dengan mengalasi tangan dengan tisu agar tidak terpapar bakteri yang ada di kran.




7 langkah mencuci tangan dengan sabun di atas memakan waktu sekitar kurang lebih 20 detik. Perilaku mencuci tangan dengan sabun merupakan hal sederhana yang mudah dilakukan namun memberi manfaat yang luar biasa, yaitu kita dapat memutus rantai penularan penyakit yang dapat meningkatkan kesehatan kita. Hal kecil yang jika dilakukan akan berdampak besar bukan?
Ayo, kita biasakan mencuci tangan dengan langkah yang benar!
Kalau bukan kita siapa lagi? 

Dibawah ini ada video tutorial 7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar:




Comments

  1. selain tangan apalg yg perlu dicuci pak?

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata ada stepnya ya pak dalam mencuci tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di, jangan asal cuci tangan yak.. biar sehat generasi kita heuheu

      Delete
  3. Wah saya baru tau bahwa mencuci tangan sangat penting untuk kesehatan badan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul syid.. mari biasakan cuci tangan.. hehe

      Delete
  4. Beberapa step ternyata mirip yah kalo kita wudhu mas hehe 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ta, hehehe.. kebersihan sebagian dari iman kan

      Delete
  5. Wah baru tau cara cuci tangan yang detail dan bener kaya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deb, mari kita biasakan cuci tangan.. hehe

      Delete
  6. Nah ini, dulu diajarin mantan saya pak cara cuci tangan yg baik juga. Ya kaya gini

    ReplyDelete
  7. Kalo tidak ada air yg mengalir kita harus tetep pake langkah langkah ini atau gimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai hand sanitizer diin. Tapi kalo dalam keadaan darurat dan dan tangan gak terlalu kotor ya.. tetep yang paling baik pakai air yang mengalir.

      Delete
  8. Kan sekarang banyak tuh handsanistizer beneran ampuh ga sih bunuh kuman ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat kandungan hand sanitizernya mbak mon, yg bagus yg konsentrasi alkoholnya 60-95 %. Tapi jangan dibiasakan tetap yang lebih baik cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

      Delete
  9. tapi mas menurut informasi, sabun tangan gacukup yaa untuk membersihkan tangan dari kuman2 nakal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya cukup ndre, asal caranya benar dan dibilas pakai air yg mengalir

      Delete
  10. Keseringan cuci tangan apa tetap baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sering2 juga mas angga, sesuai kebutuhan saja, kalo kebanyakan nanti tangannya keriput heuheu

      Delete
  11. waahh sangat informatif bangettt!!kayaknya buat gue penting ini

    ReplyDelete
  12. Habis baca postingan ini jadi ingat dulu ada iklan yang nyanyiannya: "Sebelum kita makan Dik, cuci tangan-mu dulu..."
    Nice share Irfan☺️

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts